Jurusan Animasi Di SMK Belajar Apa..?

teman - teman suka animasi.?
tertarik dengan jurusan animasi..?
apa saja sih kalau teman teman menekuni dunia animasi..?
                                                   http://images.clipartpanda.com/ability-clipart-animator-clip-art.jpg

     Pertanyaan diatas sering kali menjadi bahan pemikiran oleh teman - teman,  belajar animasi itu susah- susah gampang kita perlu menjadi orang yang imajinatif,tekun,kreatif, dan berfkir kritis, kenapa..? karena dalam proses pembuatan animasi itu sendiri ada proses yang cukup rumit, namun kerumitan tersebut tidak akan di rasakan oleh orang - orang yang  suka dengan dunia animasi jadikan itu adalah sebuah hoby kalian.
     Perlu teman - teman tahu bahwa industri animasi indonesia sekarang ini cukup signifikan, banyak kreator animasi indonesia banyak dipakai di industri internasional. Jadi untuk kedepannya mari kita bersama - sama untuk meningkatkan potensi yang lebih baik industri animasi dari sekarang, untuk itu pendidikan animasi di seokolah perlu di tingkatkan lagi untuk memberi semangat dan motivasi para siswa dan bibit - bibit animator.
    apa saja sih yang kita pelajari di jurusan perfilman animasi..?.Berikut beberapa penjelasannya:

1. Belajar Ilmu Komputer Dan Software -nya
      Komputer menjadi salah satu media dalam pembuatan animasi karena dalam komputer juga kita bisa monconvert gambar manual menjadi digital untuk  lebih lanjut dalam proses pembuatan animasi,
tentunya di dalam komputer juga kita harus memiliki software atau perangkat lunak untuk mendukung kebutuhan animasi.

2. Jurusan Animasi Belajar Desain
     Lho.. Animasi kok belajar desain .?karena dunia animasi itu sangatah banyak untuk bagiannya, kita bisa saja menjadi desainer grafis, arsitekstur,cartoonist dari jurusan animasi, namun perlu pendidikan lebih lanjut untuk bisa menggeluti bidang tersebut.
     Untuk desain sendiri juga sangat penting, karena untuk pembuatan film animasi sendiri, awal daripada pembuatan film yang utuh adalah berawal dari desain.

3.Classical Animation
 Disini kita belajar awal pembuatan animasi baik 2 Dimensi maupun 3Dimensi, kita belajar baik itu teknik pembuatan animasi, prinsip dasar animas, dan konsep dari perfilman animasi.

4.Belajar Membuat Skenario,Storyboard, Dan Desain Karakter
disini kita memulai dan menuangkan ide pikiran kita dalam bentuk tulisan, hal ini menjadi acuan kita kedepannya untuk projekk film tersebut. untuk desain karakter kita belajar membuat karakter film tersebut dari mulai karakter dan sifat tokoh, properti, ciri khas, dan yang menjadi keunikan daripada tokoh tersebut.

5.Jurusan Animasi Juga Belajar Teknik Camera
     namanya juga perfilman animasi tentunya kita membuat produk film dan iklan, dari film tersebut juga ada penempatan kamera seperti apakah posisi yang sesuai untuk menempatkan dan mengambil gambar daripada tokoh,
     kita belajar teknik pergerakan kamera (Camera Movement), bidang pandangan(Framing), dan Sudut Pengambilan gambar, hal ini bertujuan untuk membuat konsumtif atau yang menikmati film tersebut tidak bosan karena ada berbagai macam - macam type of shot yang digunakan.

diatas adalah beberapa jawaban tentang teman - teman yang masih bingung tentang seperti apakah belajar perfilman animasi di Sekolah Menengah Kejuruan




Comments

Post a Comment

Siswa praktek kerja industri mengharumkan SMKN 1 Kawunganten

SISWA PRAKTEK KERJA INDUSTRI MENGHARUMKAN NAMA BAIK SMKN 1 KAWUNGANTEN

Pertanyaan Dan Jawaban Untuk Interview Kerja Di Kapal Pesiar Atau Hotel Internasional

Karya Siswa Duta Persada Berlatih Untuk LSK