Tips Sederhana Untuk Membuat Video Yang Cinematic

Tips shot video yang cinematic

       Untuk membuat video cinematik diperlukan tahapan yaitu bagaimana kita mengambil gambar baik itu type of shot atau sudut pandang camerara, framing atau bidang pandangan dan camera movement atau pergerakan camera dan bagaimana proses pada saat editingnya. ada beberapa cara atau beberapa tips dan trik untuk melakukan shot agar hasil terlihat cinematic.

  1. Mempersiapkan Peralatan
       peralatan perlu dipersiapkan agar nanti pada saat produksi berjalan dengan lancar baik itu camera, tripod, microfon jika perlu ataupun alat yang lain.  

2. Hunting lokasi
       lokasi sangat diperhatikan untuk menampilkan suasana mood seseorang, dalam hal ini kita menentukan lighting atau pecahayaan, posisi aktor, pemandangan, dan lookasi yang strategis yang sesuai dengan tema video yang akan di buat

  3.Camera Movement
      Camera Movement atau pergerakan camera harus dilakukan agar hasil tidak terlihat flat tidak harus menggunakan tripod untuk melakukan camera movement ada trik untuk camera movement tanpa menggunakan tripod agar tidak amatir yaitu dengan pegang camera dengan tangan kalian kemudian dekatkan ke badan kalian dan gerakan dengan badan kalian bukan tangan, camera movement antara lain:
 Panning
  Panning adalah gerakan kamera secara horizontal (posisi kamera tetap di tempat) dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
Pan right : gerak kamera mendatar dari kiri ke kanan.
 Pan left : gerak kamera mendatar dari kanan ke kiri.

 Tilting
Tilting adalah gerakan kamera secara vertikal (posisi kamera tetap di tempat) dari atas ke bawah atau sebaliknya.
Tilt up : gerak kamera secara vertikal dari bawah ke atas.
Tilt down : gerak kamera secara vertikal dari atas ke bawah.

 tracking
Track adalah gerakan kamera mendekati atau menjauhi obyek.
 Track in : gerak kamera mendekati obyek
Track out : gerak kamera menjauhi obyek

 4. Smooth atau tingkat kehalusan
      seperti yang diatas adalah kalian harus dekatkan camera ke badan kalian untuk meminimalisir amatir, atau bisa juga kalau tidak ada tripod kalian bisa menggunakan beban tambahan camera, video amatir bisa terjadi karena beban pada camera yang terlalu ringan.

  5. Slow motion
      Slow motion atau gerakan lambat berfungsi untuk mendramatisir adegan, untukmendapatkan slow motion ini memang tergantung pada camera yang kalian gunakan dan pada saat editing, caranya adalah dengan mengubah frame rate di camera dengan mengubahnya 60 fps/ frame per- second artinya dalam 1 second kita dapat menghasilkan 60 adegan, setiap 60 fps sama dengan shuter speed 1/125, dan nanti kita ngeditnya pada 24 sampai 30 fps. berikut tips membuat video cinematic dari saya, sebenarnya masih banyak lagi trik dan tips untuk pembuatan film yang cinematic, namun dengan tips - tips di atas jugua sudah cukup. sekian dari saya semoga bermanfaat.

Comments

Siswa praktek kerja industri mengharumkan SMKN 1 Kawunganten

SISWA PRAKTEK KERJA INDUSTRI MENGHARUMKAN NAMA BAIK SMKN 1 KAWUNGANTEN

Pertanyaan Dan Jawaban Untuk Interview Kerja Di Kapal Pesiar Atau Hotel Internasional

Karya Siswa Duta Persada Berlatih Untuk LSK